Source: http://amronbadriza.blogspot.com/2012/10/cara-membuat-anti-copy-paste-di-blog.html#ixzz2F0lFLFDr

Kamis, 23 Desember 2010

WikiLeaks: Model Playboy, 'Malapetaka' Bahama

Tak hanya mengungkap kawat rahasia Kedutaan Amerika Serikat yang berisi rahasia atau skandal, WikiLeaks juga membocorkan sejumlah dokumen yang berkategori 'aneh'.

Tak hanya soal UFO, tapi juga soal model Playboy sekaligus simbol seks, Anna Nicole Smith.

Menurut bocoran WikiLeaks, Duta Besar AS menulis kabel rahasia yang puitis untuk menggambarkan dampak dari ulah seorang selebritas yang hanya masuk 'Daftar B' atau B-list di surga tropis Karibia, Bahama.

"Tidak ada sejak Wallis Simpson mencopot mahkota seorang raja, seorang femme fatale (penakluk lelaki), Anna Nicole Smith memikat publik Bahama dan mendominasi politik lokal selama berada di pulau itu," demikian dokumen berjudul 'Hurricane Anna Nicole wreaks havoc in the Bahamas' yang diungkap WikiLeaks.

Dua kawat yang dikirim dari Kedutaan Besar di Nassau menggambarkan 'skandal kotor' Nicole mengubah wajah politik Bahama.

"Kecuali hantaman Badai Betsy pada 1965, tak ada yang bisa menimbulkan kerusakan dahsyat di Nassau, Bahama kecuali seorang wanita bernama Anna Nicole Smith," demikian isi dokumen yang dikirim pada 2006.

Kurang dari setahun setelah memo itu ditulis, Anna Nicole Smith tewas akibat overdosis di sebuah hotel di Florida dalam usia 39 tahun.

Janda miliarder berusia 89 tahun membuat 'malapetaka' saat media memuat berita Anna Nicole Smith diduga menyediakan cek sebesar US$10 ribu untuk Menteri Imigrasi, Shane Gibson agar mengabulkan izin tinggalnya hanya dalam waktu sebulan, jauh lebih singkat dari biasanya, setahun.

Bantahan Gibson, bahwa Smith diperlakukan sama dengan pemohon lain mental saat foto-foto keduanya yang sedang berpelukan di atas tempat tidur dipublikasikan media massa. Sang menteri pun dipaksa mundur.

Juga soal kematian misterius anak lelaki Smith, Daniel Smith di Kepulauan Bahama. Rumah sakit mendapat kritik tajam karena tak kunjung mengumumkan penyebabnya.

Kritik tajam juga dihujamkan ke pengadilan Bahama. Kata memo yang dibocorkan WikiLeaks, pengadilan tak bisa memutuskan penyebab kematian Daniel Smith meski ahli patologi AS menemukan kematian disebabkan koktail beracun. "Spekulasi beredar, pemerintah sengaja menunda agar tak membuat Anna Nicole malu."

Skandal itu memaksa pemerintah memecat ahli koroner dan membubarkan pengadilan.
Pemerintahan PLP yang berkuasa saat itu berusaha membela diri dan menjanjikan reformasi. Namun terlambat. Pada pemilu Mei 2007, partai itu kalah.
Sisi positifnya, skandal itu membuat media setempat menjadi kritis terhadap penyimpangan yang dilakukan pejabat pemerintah. (art)
(Guardian)
• VIVAnews

Related Posts by Categories

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Blogger Template by Clairvo